Breaking News

Visi dan Misi

A. VISI

Visi Dinas  Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya tahun 2013-2018 adalah “Pengembangan Pertanian dan Perkebunan Yang Berkerlanjutan, Lestari Dengan Berorientasi Agribisnis Melalui Sumber Daya Manusia Yang Profesional Demi Terwujudnya Ketahanan Pangan Yang Mantap Menuju Masyarakat Sejahtera”. Visi ini mengandung arti :

Pengembangan Pertanian dan Perkebunan

Mendorong pendayagunaan sumber daya lahan secara optimal dan berkelanjutan yang merupakan suatu kesatuan sebagai sumber daya yang saling berinteraksi membentuk suatu sistem struktural dan fungsional.

Berkelanjutan

Menjamin keberlangsungan fungsi pertanian demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dengan memperhatikan fungsi ekonomi, sosial dan lingkungan secara seimbang.

Lestari

Upaya mempertahankan, merawat serta memelihara lahan dan nilainya dengan cara melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan lahan untuk mengembalikan sesuai aslinya.

Agribisnis melalui sumberdaya yang profesional

Pengembangan Pertanian dan Ketahanan Pangan, dilaksanakan secara menyeluruh dan terpadu dengan sumberdaya yang professional.

Kesejahteraan Rakyat

Mengandung arti suatu kondisi masyarakat yang lebih baik, makmur, sehat dan damai dimana pendapatan yang diperoleh cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat bersangkutan.

B. MISI

Untuk  menjabarkan  visi  yang  telah  ditetapkan,  Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya menetapkan Misi sebagai berikut :

  1. Terwujudnya pertanian yang bersinergi dengan mengoptimalkan potensi dan produksi pertanian atas dasar sumber daya alam dan sumber daya manusia
  2. Terwujudnya produktivitas, produk, daya saing dan nilai tambah produk pertanian
  3. Terwujudnya pelaku usaha melalui pengembangan teknologi, pembangunan sarana, prasarana, pembiayaan, akses pasar dan kebijakan pendukung
  4. Terwujudnya SDM yang visioner dalam pengelolaan potensi lahan
  5. Mengoptimalkan pelestarian potensi sumber daya alam.
  6. Mengembangkan komoditas perkebunan berdasarkan kondisi kesesuaian lahan untuk memperkuat ekonomi masyarakat.
  7. Memperkuat kelembagaan petani perkebunan serta menumbuh kembangkan partisipasi masyarakat.
  8. Meningkatkan pengamanan pengendalian kebakaran hutan dan lahan
  9. Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia
  10. Memperkuat Kelembagaan dan Kemitraan
  11. Mewujudkan Ketersediaan dan Distribusi Pangan
  12. Mempercepat terciptanya Penganekaragaman dan Pola Konsumsi Pangan masyarakat serta meningkatkan dan menjamin mutu dan Keamanan Pangan.